Belajar Bikin Brownies Kukus

Juni 15, 2011 4 komentar

Stelah browsing-browsing resep apa yg disuka anakku terutama kue coklat. Tibalah pilihan pada brownies kukus.. yuk mari diliat. Ternyata banyak resep brownies kukus ya dan ada beberapa resep yang sama yaitu resep brownies kukus Ny.Liem. layak dicoba nih.. dan hasilnya enak lho anakku suka banget. Patokannya kalo dia suka brarti enakkk brooo.. aku modifikasi gulanya dikurangi jadi 100gr dan ga pake valila karena lupa hihi padahal udah beli dimainin deven jadi lupa ditambahin dehh (bukan modifikasi ini yah namanya pikun)

Ini dia resep asli

Brownies Kukus By Ny.Liem

Ingredients:
6 butir telur
225 gram gula
Vanili secukupnya, saya pake 1 bungkus
Garam secukupnya, saya pake sejimpit
1/2 sdt emulsifier = SP, ovalet, BM (kalo gak ada bisa dihilangkan)
125 gram terigu , ayak, aduk rata dg coklat bubuk
50 gram coklat bubuk, ayak, aduk rata dg terigu
75 ml minyak goreng
100 gram dark cooking coklat (DCC), lelehkan, campur dg minyak
75 ml Susu Kental Manis (SKM), saya pakai yang coklat

Directions:
1. Siapkan cetakan, alasi dengan wax paper/kertas roti, olesi dengan mentega. Cetakan sesuaikan dengan ukuran dandang/langseng/kukusan yang kita punya.
2. Panaskan kukusan, bungkus tutupnya dengan kain/lap makan, agar tetesan airnya tidak jatuh ke adonan.
3. Kocok telur dan gula sampai mengembang. Masukkan emulsifier, kocok sampai putih dan mengembang.
4. Masukkan campuran terigu dan coklat bubuk sedikit demi sedikit sampai habis, aduk rata. Jangan lupa turunkan kecepatan mixer.
5. Masukkan campuran DCC dan minyak, aduk sampai rata. pake spatula aja.
6. Bagi adonan menjadi tiga bagian A, B, C.
7. Campurkan SKM ke adonan B, aduk rata.
8. Tuang adonan A ke dalam cetakan, kukus 10 menitan.
9. Tuang adoanan B, kukus lagi 10 menitan.
10. Tuang adonan C, kukus kurang lebih 20 menitan.
11. Angkat, tunggu agak dingin, keluarkan dari cetakan. Biarkan dingin, baru dipotong.
12. Siap dihidangkan dan dinikmati
Resep Brownies Kukus yang aku buat kemarin :

Brownies Kukus By Ny.Liem  modified by Me

Ingredients:
3 butir telur
100gr gula
Garam secukupnya, saya pake seujung jari
1/4 sdt emulsifier = SP, ovalet, BM (kalo gak ada bisa dihilangkan)
62.5 gram terigu , ayak, aduk rata dg coklat bubuk
25 gram coklat bubuk, ayak, aduk rata dg terigu
37.5 ml minyak goreng
50 gram dark cooking coklat (DCC), lelehkan, campur dg minyak
37.5 ml Susu Kental Manis (SKM), saya pakai yang coklat

Directions:
1. Siapkan cetakan, alasi dengan wax paper/kertas roti, olesi dengan mentega. Cetakan sesuaikan dengan ukuran dandang/langseng/kukusan yang kita punya.
2. Panaskan kukusan, bungkus tutupnya dengan kain/lap makan, agar tetesan airnya tidak jatuh ke adonan.
3. Kocok telur dan gula sampai mengembang. Masukkan emulsifier, kocok sampai putih dan mengembang.
4. Masukkan campuran terigu dan coklat bubuk sedikit demi sedikit sampai habis, aduk rata. Jangan lupa turunkan kecepatan mixer.
5. Masukkan campuran DCC dan minyak, aduk sampai rata. pake spatula aja.
6. Campurkan SKM ke adonan dan aduk rata
7. Bagi adonan jadi 2 karena lupa harus dibagi 3 keburu dituang di Loyang xixixixi
8. Tuang adonan A kedalam Loyang, kukus selama 10 menit
9. Tuang adoanan B, kukus lagi 15 menitan.

10. Tes tusuk kalo udah ga ada yang nempel di lidi brarti udah mateng.
11. Angkat, tunggu agak dingin, keluarkan dari cetakan. Biarkan dingin, baru dipotong.
12. Siap dihidangkan dan dinikmati

hasilnya tetep enak lho walaupun salah langkah. mau nyobain…?

Kategori:Brownies Tag:
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.